Jaga Lingkungan dengan Hal Sederhana dalam Keseharian

Stimulasi Motorik Agar Bayi Aktif Bergerak, Apa Saja Yang Moms Dapat Lakukan?

25 July 2022

Banyak hal yang bisa Moms lakukan untuk menstimulasi agar bayi aktif bergerak, terutama di usia 3 bulan ke atas. Di usia ini, tubuh bagian atas Si Kecil sudah lebih kokoh, mampu menopang tubuh dengan tangannya sendiri, dan sudah bisa diajak melakukan tummy time.

Tummy time sendiri merupakan sesi latihan tengkurap pada bayi. Sebenarnya tidak ada aturan pasti kapan Si Kecil sudah bisa diajak melakukan aktivitas ini, namun American Academy of Pediatrics menyarankan agar Moms memperbanyak aktivitas ini di usia 3 bulan.

Selain itu, ada beberapa stimulasi yang bisa Moms lakukan untuk merangsang bayi aktif bergerak, diantaranya:

Rangsang agar Bisa Mengangkat Tubuhnya Sendiri

Moms bisa sesering mungkin memposisikan Si Kecil dalam keadaan tengkurap. Dengan cara ini bayi akan terstimulasi mengangkat kepala sendiri, mengarahkan tangannya ke depan dan mulai belajar bergerak dengan bertumpu pada perut.

Posisi tengkurap merupakan fase penting dalam perkembangan motorik Si Kecil, sekaligus jadi modal awal untuk belajar merangkak.

Berikan Contoh

Saat berada dalam posisi tengkurap, Moms bisa ikut mengambil posisi tersebut disampingnya. Sambil terus berinteraksi, beri contoh cara mengambil posisi merangkak dengan cara menegakkan posisi kepala dan mengangkat tubuh menggunakan tangan.

Penting untuk diperhatikan, pastikan pakaian yang dikenakan Si Kecil cukup nyaman untuk melakukan aktivitas ini. Selain itu, untuk bayi lebih aktif bergerak dibutuhkan popok yang berbahan lembut seperti Merries Skin Protection yang lembut, bersirkulasi udara baik sehingga kulit Si Kecil bisa bernapas dan terhindar dari ruam.

Pancing dengan Mainan

Untuk tahap awal, Moms bisa mengajak Si Kecil tummy time di atas kasur atau playmate. Setelah Si Kecil mampu menopang kepalanya dengan baik, aktivitas ini bisa dialihkan di atas lantai keramik sehingga Si Kecil akan lebih mudah untuk bergerak.

Untuk memancingnya bergerak, Moms melakukan permainan reaching and grabbing. Caranya, letakkan mainan favorit Si Kecil sedikit jauh dari jangkauannya, kemudian biarkan dia mengambilnya sendiri. Setelah berhasil, beri apresiasi dengan cara memuji, atau memberikan ciuman.

Pijat Bayi

Memijat bayi memberi banyak manfaat untuk perkembangan motorik Si Kecil, terutama dapat merangsang agar bayi aktif bergerak. Pijatan lembut ini bisa Moms lakukan setelah mandi dengan menggunakan baby oil.

Selain itu, Moms juga bisa melakukan aktivitas ini sambil mengajak bicara Si Kecil, terutama saat mengganti popok. Moms bisa mengajak si Kecil tersenyum dan melatihnya untuk merespon interaksi yang Moms lakukan dengan memainkan tangannya, kaki, dan lainnya.

Selalu menunjukkan wajah bahagia sambil memeluk, membelai atau mencium si Kecil. Moms dapat melakukannya sesering mungkin supaya terjadi interaksi dan bounding antara Moms dan si Kecil.

Guna mendukung tumbuh kembang Si Kecil, tetap sehat dan aktif, Moms bisa coba Merries Skin Protection. Popok lembut dan elastis sehingga dapat digunakan untuk Si Kecil yang sudah aktif bergerak tanpa menyebabkan iritasi.

Merries Skin Protection merupakan popok bayi pertama di Indonesia dengan lapisan anti-bakteri dan kandungan ekstrak daun teh di dalamnya akan menjauhkan Si Kecil dari masalah bau pipis, melindungi Si Kecil dari kuman, dan kulit Si Kecil jadi lebih sehat terawat.

Popok Merries Skin Protection sudah dalam berbagai ukuran sesuai berat badan bayi. Untuk mengetahuinya, Moms bisa langsung cek di sini.

Latest Article