Jaga Lingkungan dengan Hal Sederhana dalam Keseharian

Meski Berminyak, Kamu Tetap Wajib Proteksi Kulitmu Dari Sinar UV

13 August 2022

Untuk mengurangi dampak buruk dari paparan sinar UV berlebih, banyak orang yang menggunakan produk sunscreen. Namun beberapa orang yang memiliki kulit berminyak mungkin cenderung menghindari penggunaan sunscreen karena dianggap memiliki tekstur yang berat sehingga membuat kulit semakin berminyak.

Pilihlah sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit wajah, karena pemilihan sunscreen yang kurang tepat bisa mendatangkan efek samping yaitu kulit makin berminyak, terlihat kusam dan mudah menimbulkan jerawat terutama sunscreen untuk kulit berminyak.

Vitamin D dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Girls, perlu kamu tahu jika vitamin D bukan berasal dari sinar matahari. Menurut National Institute of Health, vitamin D terbagi dalam dua jenis, vitamin D2 yang berasal dari makanan, dan vitamin D3 yang berasal dari tubuh yang dibentuk dengan bantuan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari.

Dalam prosesnya, paparan sinar UV akan memicu terjadinya perubahan kolesterol di kulit menjadi zat khusus yang disebut calcitriol. Nantinya zat calcitriol ini akan langsung disalurkan menuju ginjal dan hati, sehingga terbentuklah vitamin D3 yang dibutuhkan tubuh.

Vitamin D3 inilah yang kita kenal sebagai vitamin D dengan manfaat yang sangat besar bagi tubuh. Dalam jumlah yang cukup, vitamin D ini berperan penting dalam menjaga fungsi paru dan jantung, mencegah kanker, menurunkan resiko diabetes, osteoporosis hingga depresi.

Namun jika berlebih, paparan sinar UV justru dapat merusak jaringan elastin dan serat kolagen kulit. Dampaknya bisa sangat fatal, mulai dari menyebabkan pori-pori kulit akan membesar, kulit kehilangan elastisitasnya, menyebabkan kulit mudah keriput, hingga menyebabkan kanker kulit.

Maka dari itu, untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal, kamu disarankan untuk berjemur selama 15 menit, 2 kali dalam seminggu. Itu pun tidak sepanjang hari, paparan sinar matahari yang disarankan adalah jam 6:00-9:00 pagi dan sore hari jam 15:00-18:00 sore.

Kulit Berminyak Tetap Harus Gunakan Sunscreen

Untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV secara berlebih, kamu disarankan untuk memberikan perlindungan dengan menggunakan sunscreen. Ini bukan hanya bagi pemilik kulit kering, tapi berlaku juga bagi pemilik kulit berminyak.

Namun untuk mencegah efek samping berupa kulit kusam dan makin berminyak, ada beberapa trik yang wajib diperhatikan, diantaranya:

  • Pastikan menggunakan sunscreen yang sesuai dengan jenis kulitmu. Dalam hal ini, wajib memilih produk sunscreen untuk kulit berminyak.
  • Pilih sunscreen yang mengandung pelembap. Ini dilakukan untuk menghindari penggunaan dua produk sekaligus (sunscreen dan pelembap) yang memicu tumpukan minyak di wajah.
  • Hindari layering produk secara berlebih, terutama di pagi hari. Urutan yang paling direkomendasikan adalah, face wash, toner, serum, sunscreen, cushion, dan bedak tabur.
  • Setelah beberapa jam, kamu wajib melakukan re-apply sunscreen. Sebelum melakukannya, pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu, baru setelah itu aplikasikan sunscreen.

Sebagai catatan, di pasaran kamu akan menemukan banyak jenis produk sunscreen yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitnya, mulai dari sunscreen untuk kulit kering, kulit berminyak, kulit berjerawat, kulit kombinasi, dan kulit normal.

Nah, dalam memilih sunscreen wajah untuk kulit berminyak, pastikan kamu memilih produk yang tidak membuat kulit tampak semakin berminyak.

Salah satu produk sunscreen yang bagus untuk kulit berminyak yang dapat kamu coba adalah Biore UV Sunscreen Oil Control Matte. Dengan #3in1UVCare-nya, produk ini tidak hanya memproteksi kulitmu dari dampak buruk sinar UV, tetapi juga mengurangi kulit tampak berminyak sehingga dapat menjaga makeup tahan lama.

Dengan kandungan shine control formula di dalamnya, Biore UV Sunscreen Oil Control Matte dapat membantu mengontrol minyak berlebih, sehingga bisa lebih tenang beraktivitas di luar ruangan, tanpa khawatir dengan dampak buruk sinar UV di kulit cantikmu.

Yuk mulai kini sayangi kulitmu dan ajak orang-orang terdekatmu untuk rajin gunakan sunscreen saat banyak beraktivitas luar ruangan, dan bagi pemilik kulit berminyak, pastikan juga selalu gunakan Biore UV Sunscreen Oil Control Matte.

Untuk lebih mengenal Biore UV Sunscreen Oil Control Matte, kamu bisa cek langsung di sini.

Latest Article