Jaga Lingkungan dengan Hal Sederhana dalam Keseharian

Maksimalkan Tumbuh Kembang Anak Dengan Sensory Play

27 September 2022

Bukan hanya perkembangan motorik, Mom’s juga wajib memperhatikan perkembangan sensorik Si Kecil. Perkembangan sensorik merupakan keterampilan yang dimiliki bayi untuk menggunakan seluruh inderanya, mulai dari penglihatan, perasa, pendengaran, penciuman dan sentuhan.

Dengan kemampuan sensorik yang baik, anak-anak akan mampu mengoptimalkan kemampuan otak dan semua inderanya dengan lebih optimal. Untuk melatihnya, Moms bisa mencoba sensory play, permainan anak yang mendidik untuk membantu mengembangkan kemampuan sensorik anak, sekaligus melatih kemampuan motoriknya. 

Manfaat Sensory Play

Permainan sensori atau Sensory Play merupakan jenis permainan yang tidak hanya sekedar mengajak Si Kecil untuk merasakan tekstur dari sebuah benda dan merangsang bayi aktif bergerak, tapi lebih dari itu, aktivitas ini bermanfaat untuk melatih Lima indera utama, meliputi:

  • Indera peraba

  • Indera pengecap

  • Indera penglihatan

  • Indera pendengaran

  • Indera penciuman

Selain itu, permainan ini memiliki dua manfaat tambahan yang berhubungan langsung dengan kemampuan gerak Si Kecil, yakni:

  • Proprioseptif atau gerakan

  • Vestibular atau keseimbangan

Dengan mengajarkan permainan sensori, tumbuh kembang anak, terutama dari perkembangan motoriknya, akan jauh lebih optimal. Jika ingin manfaat yang lebih optimal, Moms bisa mengajak anak-anak lain untuk bersama-sama melakukan permainan ini.

Bisa Optimalkan Kemampuan Bahasa Bayi

Selama melakukan permainan sensori, anak akan dilatih mencocokan suatu bentuk benda dengan benda lainnya, mencocokannya dengan lingkungan sekitar, belajar berinteraksi dengan Moms atau teman-temannya, dan lebih mengenal lingkungannya. 

Dilansir dalam Good Start Early Learning, situasi sosial yang dibangun selama melakukan permainan ini secara tidak langsung akan membuat Si Kecil lebih banyak bertanya, dan menemukan kosakata baru, sehingga lebih mungkin meningkatkan perkembangan bahasa bayi

Selain itu, permainan ini akan merangsang rasa ingin tahunya, membuat bayi aktif bergerak, mengenalkan Si Kecil dengan lingkungan tempat tinggalnya, meningkatkan kreativitas dan lainnya. 

Contoh Sederhana Sensory Play

Sebenarnya ada banyak contoh permainan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan sensorik anak, salah satu yang paling mudah adalah permainan cap jari dengan menggunakan pewarna makanan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Kertas,  kain atau kanvas

  • pewarna makanan, dan air secukupnya. 

  • Baskom atau wadah untuk menyimpan air.

Cara melakukannya:

  • Minta Si Kecil untuk mencampurkan pewarna makanan ke dalam wadah yang berisi air. Masing-masing baskom diisi oleh warna yang berbeda.

  • Setelah itu, perkenalkan warna-warna yang mereka pilih, misalnya Hijau, Merah, Kuning, dan lainnya. Dengan cara ini, anak-anak akan tahu nama-nama warna yang mereka pilih. 

  • Setelah diperkenalkan dengan nama-nama warna, Moms bisa meminta anak-anak untuk memasukkan jari mereka kemudian menempelkannya pada kertas, kain dan tembok. 

  • Tanya apa yang mereka rasakan saat menempelkan tangannya pada bidang yang berbeda tersebut. Misalnya pada kertas (halus), kain (agak kasar), dan tembok (keras).

Seperti dijelaskan di atas, permainan ini akan membantu mengenalkan Si Kecil pada jenis-jenis warna, dan tekstur setiap bidang yang berbeda. Moms bisa kembangkan ide permainan ini dengan membuat adonan tepung menggunakan air berwarna, dan lainnya. 

Persiapan Sebelum Bermain

Selain mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, penting bagi Moms untuk melakukan beberapa persiapan tambahan agar suasana bermain jadi lebih menyenangkan, tanpa khawatir dengan kondisi lingkungan sekitar, misalnya dengan cara: 

  • Pastikan air yang digunakan benar-benar bersih. 

  • Pastikan pewarna makanan yang digunakan benar-benar aman bagi anak. 

  • Jelaskan jika anak-anak hanya boleh menempelkan tangannya yang berwarna di kertas, kain atau kanvas yang sudah disediakan, bukan di  lakukan di  tembok rumah, atau tempat lainnya. 

  • Perhatikan lingkungan sekitar, jauhkan hal-hal yang berpotensi bisa membahayakan anak, seperti gangguan serangga, ranting tajam, tanaman berduri, dan lainnya. 

Untuk menjaga kenyamanan selama bermain karena bayi sedang aktif bergerak, selalu gunakan popok Merries Skin Protection, dengan permukaannya yang lembut, dan sirkulasi udara yang baik, sehingga membuat Si Kecil bisa tetap nyaman dan bebas dari ruam

Merries Skin Protection memiliki daya serap tinggi, sehingga dapat menjamin kulit Si Kecil tetap kering dan nyaman. Merries Skin Protection juga memiliki lapisan antibakteri dengan kandungan ekstrak natural daun teh yang dapat mencegah bau, tetap higienis dan kulit Si Kecil tetap sehat terawat.  

Untuk informasi lebih lanjut tentang Merries Skin Protection, mulai dari keunggulan hingga ukurannya, Moms bisa langsung mengklik tautannya di sini.

Bagikan Artikel ini melalui
0 comments
Newest
Newest
Oldest

Latest Article