Jaga Lingkungan dengan Hal Sederhana dalam Keseharian

Flek Hitam di Wajah Bikin Minder? Ini Cara Menghilangkannya!

10 August 2022

Girls, kamu pasti sudah tahu jika dalam jumlah yang tepat, sinar ultraviolet (UV) sebenarnya dibutuhkan tubuh untuk membantu pembentukan vitamin D. Tapi jika sudah berlebih, seperti berada di bawah terik matahari lebih dari 3-4 jam, atau terkena paparan sinar matahari intens dari jam 10:00-14:00, sinar UV justru bisa melemahkan jaringan elastin dan serat kolagen, hingga menyebabkan flek hitam di wajah.

Untuk menghilangkan flek hitam di wajah, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, beberapa diantaranya adalah:

Air Perasan Lemon

Lemon merupakan salah satu buah super dengan banyak keutamaan, salah satunya untuk membantu mencerahkan wajah dan meratakan warna kulit. Hal ini tidak lepas dari kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya yang dapat membantu menyamarkan flek hitam di wajah.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa menggunakan air perasan lemon sebagai masker. Caranya, cuci wajah hingga bersih, kemudian bilas dengan air hangat agar pori-pori kulit terbuka. Setelah dikeringkan dengan handuk, aplikasikan air lemon ke seluruh permukaan wajah hingga rata.

Bawang Putih

Selain lemon, siapa sangka ternyata bawang putih bisa kamu manfaatkan untuk membantu menyamarkan flek hitam di wajah. Bawang putih bersifat anti-inflamasi dan anti-bakteri, dan dapat membantu memudarkan noda hitam di wajah.

Caranya sangat mudah, setelah mencuci wajah, kamu bisa mengoleskan irisan bawang putih ke permukaan kulit, kemudian biarkan hingga kering. Setelah itu, cuci kembali wajah hingga bersih. Perawatan ini sebaiknya dilakukan setiap hari sebelum tidur, hingga flek hitam menghilang.

Lidah Buaya

Cara mudah lainnya menghilangkan flek hitam di wajah dengan bahan alami adalah, dengan menggunakan daging lidah buaya. Ya benar, tanaman yang dikenal baik untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut ini, ternyata bisa juga digunakan untuk menyamarkan flek hitam.

Cara penggunaannya sama seperti bahan-bahan alami lainnya, pertama kamu hanya perlu mencuci wajah dengan sabun, kemudian bersihkan. Setelah kering, gunakan gel atau daging lidah buaya sebagai masker wajah. Tunggu hingga kering, dan bilas wajah dengan air bersih.

Kentang dan Madu

Kombinasi kentang dan madu dikenal sebagai salah satu bahan alami terkuat untuk mengatasi masalah flek hitam, menjaga elastisitas kulit dan menyamarkan noda hitam bekas luka atau jerawat. Tidak hanya itu, ramuan kentang dan madu ini bisa kamu gunakan untuk mencerahkan kulit wajah.

Caranya sangat mudah, kupas 1 buah kentang ukuran kecil, dan cuci hingga bersih. Setelah itu, parut kentang hingga lembut dan tambahkan 1 sdm madu. Gunakan campuran tersebut sebagai masker. Tunggu hingga kering atau sekitar 15 menit, dan bilas wajah hingga bersih.

Cuka Apel

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Postepy Higieny I Medycyny Doswiadczalnej, menyebut jika kandungan asam asetat pada cuka apel ampuh membantu menyamarkan flek dan noda hitam di wajah bekas jerawat, membantu meratakan warna kulit dan mencerahkannya.

Caranya, kamu hanya perlu mengoleskan cuka apel di area wajah yang terkena flek hitam. Untuk meratakan warna kulit, kamu bisa mengoleskannya ke seluruh permukaan wajah, hingga ke bagian dagu dan leher. Tunggu hingga kering, kemudian bilas seperti biasa.

Sebagai catatan, menghilangkan flek hitam di wajah butuh ketelatenan dan usaha yang keras. Maka dari itu, sebelum semua itu terjadi, penting untuk melakukan upaya pencegahan sejak dini dengan memilih produk dengan kandungan UV Protection yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Salah satu produk yang sangat direkomendasikan adalah Biore UV Fresh & Bright dengan #3in1UVCare untuk berikan PROTECT, CORRECT, PERFECT pada kulitmu sepanjang hari. Hadir dengan dua varian untuk membuat tampilan makeup lebih sempurna, Oil Control dan Instant Cover.

Selain bisa Protect kulitmu dari dampak buruk sinar UV, Biore UV Fresh & Bright juga bisa Correct dark spots, kulit belang, dan juga kontrol minyak berlebih sehingga tampilan stay Perfect seharian!

Gimana Girls, sudahkah kamu melindungi kulitmu dengan Biore UV hari ini? Jangan lupa, ajak juga teman, kerabat dan orang-orang terdekat kamu untuk menghindari paparan sinar matahari berlebih, merawat wajah dengan baik dan selalu menggunakan Biore UV Fresh & Bright ya!

Nah untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengenal lebih dekat Biore UV Fresh & Bright dengan mengeceknya di sini.

Latest Article