Jaga Lingkungan dengan Hal Sederhana dalam Keseharian

Baju Bau Apek Bikin Mood Hilang, Ini Tips Bikin Wangi dan Makin PeDe!

25 July 2022

Meski sepintas terlihat bersih dan layak pakai, bukan berarti baju bisa bebas dari bau apek. Masalah ini terbilang sangat klasik dan bisa menimpa siapa saja, bahkan saat kamu sudah sangat berhati-hati memperlakukan pakaian, dan selalu menyimpan pakaian dengan baik.

Bagaimana cara menghilangkan bau apek pada baju?

Bau apek pada pakaian sendiri bisa terjadi karena banyak faktor, mulai dari proses pengeringan yang kurang optimal (pakaian sudah diangkat), proses pencucian yang kurang maksimal, pakaian terlalu lama direndam, hingga keringat yang menempel pada pakaian.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Science, bau badan yang disebabkan oleh molekul amonia dan senyawa belerang bisa menempel pada pakaian, apalagi jika pakaian tersebut digunakan secara berulang tanpa dicuci terlebih dahulu.

Untuk menghilangkannya dan membangkitkan kepercayaan diri kamu, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, diantaranya;

Memakai Cuka

Cuka merupakan salah satu bumbu dapur multifungsi. Selain melezatkan masakan, kamu bisa menggunakannya untuk menghilangkan noda, hingga mengusir bau apek pada baju. Caranya sangat mudah, moms hanya perlu menyiapkan ¼-½ gelas takaran cuka putih.

Setelah itu, campurkan cuka ke dalam air yang akan digunakan untuk membilas pakaian, dan bilas pakaian seperti biasa. Trik ini dilakukan sebelum moms memasukkan pakaian pada air yang sudah dicampur dengan pelembut pakaian.

Baking Soda

Trik lainnya bisa dengan menggunakan baking soda. Cara menghilangkan bau apek pada baju dengan baking soda ini merupakan metode klasik yang hingga kini masih ampuh dan digunakan oleh banyak ibu rumah tangga di Indonesia.

moms hanya perlu menaburkan ¼-½ gelas takaran baking soda pada baju. Lakukan ini sebelum proses pencucian berlangsung. Jangan terlalu lama, proses perendaman bisa dilakukan selama 15 menit, setelah itu cuci pakaian seperti biasa.

Potpourri

Potpourri merupakan campuran rempah dan kelopak bunga kering. Biasanya campuran rempah tersebut digunakan sebagai pengharum ruangan. Tapi jangan salah, kemampuan spesial potpourri ini bisa juga digunakan untuk menghilangkan bau apek.

Caranya, simpan rempah tersebut ke dalam mangkuk atau kain kain kasa, dan simpan di dalam lemari. Dengan cara ini, dijamin pakaian tidak akan bau apek lagi. Untuk menjaga kesegarannya, ganti potpourri secara berkala.

Air Perasan Lemon

Sama seperti cuka, air perasan lemon bersifat asam yang mampu membunuh bakteri penyebab bau apek. Tidak hanya itu, air perasan lemon dapat memberikan sensasi segar pada pakaian, dan membantu memutihkan pakaian secara alami.

Cara menghilangkan bau apek pada baju dengan air perasan lemon pada dasarnya sama seperti penggunaan cuka. moms hanya perlu menambahkan 1-3 sdm air perasan lemon ke dalam air yang akan digunakan sebagai pembilas terakhir pada proses pencucian.

Optimalkan Proses Pencucian

Seperti dijelaskan di atas, bau apek pada pakaian bisa terjadi akibat proses pencucian yang kurang maksimal. Untuk memastikan hal ini, pastikan moms menggunakan deterjen Attack Sensor Matic saat mencuci pakaian.

Attack Sensor Matic merupakan deterjen bubuk dan cair konsentrat inovasi terbaru dari Jepang untuk mesin cuci dengan 9 Hi-Tech in 1, dan bisa digunakan di semua jenis mesin cuci, baik front load maupun top load.

Dengan formula baru, Attack Sensor Matic jauh lebih mudah larut dan 1.5x lebih efektif membersihkan segala macam noda membandel hingga ke serat kain terdalam, mencegah bau apek akibat proses perendaman yang terlalu lama, bau apek, bau keringat dan bau kaus kaki.

Dengan Automatic Sensor Technology, Attack Sensor Matic mampu secara otomatis lacak, lawan dan cegah noda kembali. Attack Sensor Matic memiliki formula khusus rendah busa yang menjaga mesin cuci tetap awet dan terawat. Selain itu, Attack Sensor Matic ini sudah tersedia dalam berbagai ukuran lho! Untuk mengetahuinya, bisa cek langsung di sini. Mencuci lebih bersih tuntas lebih puas!

Latest Article