Jaga Lingkungan dengan Hal Sederhana dalam Keseharian

5 Penyebab Menstruasi Berlebihan yang Perlu Kamu Ketahui

3 August 2022

Girls, kamu pasti pernah mengalami kondisi ketika darah menstruasi terasa sangat banyak dan berlebihan. Kondisi yang dalam istilah medis dikenal dengan nama menorrhagia ini bisa disebabkan karena banyak faktor, mulai dari ketidakseimbangan hormon hingga masalah kesehatan tertentu.

Nah biar nggak worry lagi, kita intip yuk beberapa penyebab menstruasi berlebihan yang paling sering terjadi, dan solusi terbaik untuk mengatasinya.

Ketidakseimbangan Hormon

Setiap bulannya dinding rahim akan mengalami penebalan untuk mempersiapkan kehamilan, dan akan meluruh saat tidak terjadi pembuahan. Saat produksi hormon dalam tumbuh tidak seimbang, dinding yang terbentuk akan menjadi lebih tebal, dan menyebabkan pendarahan berlebih selama menstruasi.

Solusinya, kamu bisa membantu menyeimbangkan kadar hormon di tubuh dengan memperhatikan pola makan, mengendalikan stres, dan istirahat yang cukup. Jika dibutuhkan, konsumsi obat-obatan tertentu untuk mengendalikan perdarahan tersebut. Agar lebih aman, pastikan sudah periksa ke dokter dan konsumsi obat sesuai resep dokter.

Kekurangan Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Bukan hanya sekedar mencegah anemia dan mencegah pendarahan berlebih selama menstruasi, zat besi dapat membantu menciptakan kehamilan yang sehat, dan membantu meningkatkan energi.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk mencukupi kebutuhan zat besi setiap hari, terutama beberapa hari menjelang menstruasi. Selain dari makanan alami, seperti daging merah, daging unggas dan ikan, kamu bisa mencukupi kebutuhan zat besi dengan mengkonsumsi suplemen zat besi.

Penggunaan IUD

IUD atau yang dikenal dengan nama KB spiral merupakan salah satu jenis KB yang cukup digemari di Indonesia. Tapi sayang, penggunaan IUD terkadang mendatangkan beberapa efek samping yang merugikan, salah satunya menyebabkan flek dan menstruasi berlebihan.

Jika kamu mengalami pendarahan hebat selama menstruasi setelah memasang IUD, ada baiknya mengganti KB yang digunakan dengan pil KB. Dilansir dalam Healthy Woman, pil KB mengandung kombinasi hormon estrogen dan progesteron yang bisa mencegah menorrhagia di luar masalah rahim.

Masalah Kesehatan Tertentu

Darah menstruasi keluar secara berlebih bisa juga disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu, beberapa diantaranya adalah:

  • Fibroid rahim, tumor jinak (non-kanker) yang sering muncul di rahim ketika kamu memasuki masa subur wanita.
  • Polip rahim, atau pertumbuhan daging di dalam jaringan yang melapisi rahim atau endometrium.
  • Adenomiosis, kondisi ketika sel-sel yang biasanya tumbuh ke luar rahim, malah tumbuh dan berkembang di dalam otot rahim.
  • Endometriosis, masalah kesehatan yang membuat jaringan yang melapisi rahim, malah tumbuh di bagian luarnya.
  • Kanker serviks, jenis kanker yang terjadi ketika sel-sel di leher rahim tumbuh tidak normal, dan merusak bagian tubuh yang sehat.
  • Kanker endometrium, jenis kanker yang terjadi ketika sel-sel abnormal di rahim tumbuh tidak terkendali, hingga akhirnya merusak rahim dan organ lainnya.
  • Gangguan perdarahan turunan, penyakit yang disebabkan oleh hilangnya von Willebrand, sejenis protein pembekuan darah yang berfungsi sebagai pembentuk sumbatan trombosit selama proses pembekuan darah.
  • Jika kondisi menstruasi berlebihan ini terjadi secara terus menerus, dan disertai dengan gejala yang tidak umum, seperti rasa sakit yang di luar normal atau menstruasi lebih dari 7 hari, sebaiknya segera periksaan ke dokter.

    Konsumsi Obat-obatan Tertentu

    Menstruasi berlebihan bisa juga disebabkan oleh efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat terapi hormon (estrogen dan progesteron sintetis), obat pengencer darah atau antikoagulan, obat antiradang dan lainnya.

    Jika kamu mengalami gejala menorrhagia setelah konsumsi obat-obatan tersebut, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat solusi lebih lanjut.

    Untuk mencegah ‘bocor’ pas lagi banyak-banyaknya, kalian bisa menggunakan Laurier Natural Clean Night 35cm, pembalut antibakteri dengan 3 antibac protection, kandungan daun sirih yang mengusir bau, ekstrak daun sage yang dikenal sebagai anti jamur dan antibac agent yang efektif melawan lawan bakteri.

    Dengan ukuran ekstra panjang 35cm dan Fiber Dry Technology yang menyerap cairan lebih cepat, sehingga permukaan 2x lebih kering dan bebas bocor. Laurier Natural Clean Night 35cm bisa dipakai di siang hari, dan membuat kamu bebas menjalani aktivitas seharian, dengan nyaman tanpa worry bau, becek, dan bakteri!

    Untuk lebih kenal dengan Laurier Natural Clean Night, kamu bisa mengeceknya disini.

    Latest Article