Jaga Lingkungan dengan Hal Sederhana dalam Keseharian

5 Cara Tidur Nyenyak, Bebas Overthinking Saat Menstruasi

16 June 2023

Tetap tenang dan melepas semua beban yang ada dalam pikiran merupakan salah satu cara tidur nyenyak. Namun dalam prakteknya, terkadang itu sulit terjadi, terlebih saat kamu memasuki masa pra-menstruasi hingga menstruasi. 

Perubahan hormon yang terjadi secara signifikan membuat kita jadi lebih sensitif, suasana hati yang mudah berubah, dan dapat memunculkan overthinking. Overthinking ini sendiri adalah kondisi di mana seseorang memikirkan sesuatu hal secara berulang dan berlebih, kondisi yang ditandai dengan:

  • Rasa cemas yang berkepanjangan.

  • Sulit tidur karena terus memikirkan sesuatu, atau kondisi tertentu.

  • Sulit fokus pada satu hal, seperti pelajaran, tugas sekolah dan lainnya 

  • Terus-menerus memikirkan kekhawatiran, keraguan, atau perasaan bersalah secara berulang.

  • Sulit mengambil keputusan karena terus meragukan pilihan yang dibuat, takut membuat kesalahan, atau khawatir tentang hasil yang mungkin terjadi.

Nggak mau kan waktu tidurmu terganggu karena terlalu banyak memikirkan hal-hal yang seharusnya tidak perlu dipikirkan? Berikut ini cara agar tidur nyenyak bebas overthinking saat menstruasi

Membuat Daftar Tugas, dan Rencana Besok Pagi

Terkadang overthinking terjadi karena kita terlalu banyak memikirkan hal-hal yang perlu dilakukan secepatnya, seperti tugas yang harus diselesaikan, deadline yang sudah dekat, atau kekhawatiran tentang kehidupan di masa depan. 

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membuat timeline sederhana untuk membantu menyiapkan target tertentu, seperti harian, mingguan,  dan tahunan.

Batasi Penggunaan Gadget

Penggunaan gadget, terutama sebelum tidur, dapat mengganggu tidur nyenyak. Layar gadget mengeluarkan cahaya biru yang dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang membantu mengatur siklus tidur dan bangun. 

Usahakan untuk membatasi penggunaan gadget, terutama beberapa jam sebelum tidur. Gantilah kegiatan tersebut dengan kegiatan yang lebih menenangkan, seperti membaca buku atau pun berolahraga.

Berolahraga Secara Teratur

Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur. Berolahraga dapat merangsang produksi hormon endorfin yang membuat kamu merasa lebih baik, secara mental dan fisik. 

Pilihlah jenis olahraga yang dapat kamu nikmati dan cocok dilakukan selama menstruasi, seperti berjalan kaki, yoga dan lainnya. Untuk hasil yang lebih optimal, usahakan untuk berolahraga setidaknya 3-5 kali seminggu dengan durasi waktu 30 menit.

Pilih Pembalut Yang tepat

Overthinking di malam hari saat menstruasi bisa juga disebabkan karena rasa khawatir terhadap pembalut yang mungkin akan bocor di tengah malam. Apalagi saat  sedang banyak-banyaknya, dibutuhkan pembalut khusus yang memiliki daya serap yang tinggi.

Selama menstruasi kamu bisa menggunakan Laurier Relax Night dengan Fiber Dry Tech yang serap cairan lebih banyak dan lebih cepat sehingga permukaan pembalut tetap kering. 

Selain itu Laurier Relax Night memiliki inti penyerap instan yang mampu menyerap cairan dan gumpalan dengan maksimal sehingga memberikan perlindungan tidur bebas bocor sampai 10 jam. 

Laurier Relax Night juga dilengkapi dengan pelindung belakang lebar dengan struktur bebas celah, mencegah bocor pada posisi tidur apapun. Dengan sayap pelindung, mencegah pembalut bergeser dan tidak menyebar di permukaan.

Apabila menstruasi kamu sedang heavy flow atau sedang deras derasnya Laurier Celana Menstruasi, yang memiliki daya serap 5x lebih banyak dari pembalut malam, memberikan proteksi bebas bocor 360⁰ hingga pinggul.

Laurier Celana Menstruasi juga , tipis dan  selembut celana dalam katun dengan karet pinggang yang nyaman dan fit dengan bentuk badan.

Buat kamu yang punya pertanyaan seputar menstruasi, kesehatan reproduksi atau pun butuh saran dan masukan dari profesional, jangan ragu untuk menghubungi dr. Laurier di menstruasi.com atau cek langsung di sini.

Lakukan Meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stres selama menstruasi. Sebelum tidur, sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk duduk dengan tenang dan fokus pada aliran napas. 

Biarkan pikiran yang muncul mengalir begitu saja tanpa terjebak pada hal-hal yang mengganggu. Berikut cara mudah melakukan meditasi:

  • Temukan tempat yang tenang dan nyaman, sehingga kamu bisa duduk dan fokus  tanpa gangguan. 

  • Duduk dalam posisi bersila, bisa di atas bantal meditasi atau kursi, dengan punggung tegak.

  • Tutup mata atau fokuskan pandangan ke bawah. Mulailah mengendurkan tubuh dan berusahalah tetap rileks.

  • Arahkan perhatianmu pada pernapasan, rasakan aliran udara saat kamu menghirup dan menghembuskan napas. 

  • Fokuskan perhatian pada sensasi pernapasan di hidung atau perut.

  • Ketika pikiran-pikiran muncul, biarkan pikiran tersebut melintas tanpa memperhatikan atau memperdalam pikiran tersebut.

  • Setiap kali muncul pikiran negatif, langsung arahkan perhatianmu pada pernapasan. Ulangi terus menerus selama meditasi.

Dengan cara ini, kamu bisa mengurangi overthinking, mempersiapkan pikiran untuk tidur yang lebih baik dan membantu meningkatkan kualitas tidur.

Bagikan Artikel ini melalui
0 comments
Newest
Newest
Oldest

Latest Article