Jaga Lingkungan dengan Hal Sederhana dalam Keseharian

4 Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi di Masa Pubertas

17 September 2022

Masa pubertas merupakan fase ketika kamu mengalami proses pendewasaan secara seksual. Pada anak perempuan, proses ini umumnya terjadi di usia 10-14 tahun, sementara bagi laki-laki dimulai di usia 12-16 tahun.

Di saat ini kamu akan mengalami banyak perubahan, mulai dari fisik, psikis, perilaku dan lainnya. Kamu juga akan cenderung lebih ekspresif dalam mengeksplorasi diri, mulai lebih intens mengenali organ reproduksi dan tertarik dengan lawan jenis.

Penting Untuk Menjaga Kesehatan Reproduksi

Di masa pubertas, menjaga kesehatan reproduksi, khususnya vagina, menjadi salah satu hal penting dan wajib diperhatikan. 

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi, namun secara garis besar bisa dimulai dengan memperhatikan beberapa hal berikut. 

Selalu Bersihkan Area Vagina

Untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang jadi penyebab bau, keputihan, iritasi dan lainnya, kamu wajib menjaga kebersihan area vagina dengan rutin. Membersihkannya menggunakan air bersih  dan mengalir. 

Bersihkan juga area vagina setelah buang air besar dan buang air kecil. Untuk melakukannya, kamu bisa membersihkan area vagina dari depan ke belakang. Ini dilakukan untuk mencegah perpindahan bakteri dari anus menuju vagina.

Selain itu, menjaga kebersihan area vagina bisa juga dilakukan dengan cara mengeringkan vagina dengan handuk bersih dan lembut, gunakan celana dalam berbahan katun atau bahan yang menyerap keringat dan ganti pakaian dalam dua kali sehari.

Jaga Berat Badan Ideal

Di masa puber, kamu akan mengalami beberapa perubahan bentuk tubuh, termasuk payudara. Untuk menjaga kepercayaan diri kamu, pastikan untuk selalu berusaha menjaga berat badan tetap ideal. 

Berat badan ideal berhubungan juga dengan kesehatan organ reproduksi lho! Maka dari itu, untuk mendapatkannya kamu disarankan rutin berolahraga (minimal 150 menit per minggu), konsumsi makanan sehat, dan istirahat yang cukup. 

Dapatkan Pendidikan Seks Yang Tepat

Pendidikan seks masih dianggap jadi hal yang tabu untuk dibahas. Padahal, pendidikan seks penting agar mengurangi risiko yang timbul akibat tidak adanya pemahaman terhadap tubuh dan seks.

Beberapa manfaat pendidikan seks untuk remaja:

  • Mencegah aborsi akibat kehamilan di luar nikah

  • Mencegah pernikahan dini

  • Mencegah perilaku seks yang berisiko

  • Mencegah penularan penyakit kelamin

Selain itu, pendidikan seks sejak dini bermanfaat juga untuk Menjaga dari kekerasan dan pelecehan seksual dengan menyadari bahwa kamu harus menghargai dan menjaga tubuhmu

Gunakan Produk Pembalut Yang Tepat

Di usia pubertas, setiap bulan kamu pasti akan mengalami menstruasi. Sebelum dan selama menstruasi, siapkan produk pembalut yang tepat yang dapat memberi kenyamanan dan rasa aman saat sedang menstruasi. 

Produk pembalut yang disarankan buat kamu adalah Laurier Natural Clean, pembalut antibakterial dengan 3 antibac protection: kandungan daun sirih yang mengusir bau, ekstrak daun sage yang dikenal sebagai anti jamur, dan antibac agent yang melawan pertumbuhan bakteri.

Laurier Natural Clean juga menyerap cairan lebih cepat sehingga permukaannya 2x lebih kering. Cegah becek, bau, dan bakteri saat menstruasi.

Laurier Natural Clean tersedia dalam ukuran 22cm, 25cm, 35cm dan pantyliner. Untuk lebih mengetahui Laurier Natural Clean, klik di sini.

Bagikan Artikel ini melalui
0 comments
Newest
Newest
Oldest

Latest Article